Pengembangan Komunitas Belajar (Kombel) dan Review KSP Tahun Ajaran 2024/2025


Karanganyar, 26 Juni 2024 - SMA Negeri 1 Karanganyar melaksanakan In House Training (IHT) dengan tema "Pengembangan Komunitas Belajar dan Review KSP Tahun Ajaran 2024/2025" yang dihadiri oleh seluruh guru dan staf sekolah. Acara ini berlangsung di ruang guru dan dibuka oleh Kepala Sekolah, Budi Rianto, S.Pd. M.Pd. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Budi Rianto, S.Pd., M.Pd. membahas tentang pengembangan komunitas belajar. Pada materi ini disampaikan bagaimana proses SMA N 1 Karanganyar mengembangan komunitas belajar dengan 4 Pilar Komunitas yaitu, visi misi bersama, tujuan bersama dan nilai bersama. Disampaikan juga visi kombel SMA Negeri 1 Karanganyar yaitu pada tahun 2028 menjadi Kombel yang mampu memfasilitasi anggota untuk saling berkolaborasi, belajar, berbagi, dan meningkatkan kompetensi. Guna mencapai visi ditentukan misi bersama yaitu menyelenggarakan kegiatan Kombel secara rutin, memfasilitasi kegiatan berbagi praktik baik dari tiap anggota, mendorong setiap anggota untuk menjadi narasumber, memfasilitasi kegiatan kolaborasi antar anggota atau antar kombel di dalam sekolah maupun luar sekolah, menyelenggarakan pengembangan kompetensi melalui berbagai media. Selain itu, kombel SMA N 1 Karanganyar juga memiliki nilai sebagai pedoman kombel yaitu KOMPAK (Kolaborasi, Optimis, Menghargai, Peduli, Akhlak Mulia, Komitmen. Adapun capaian kombel di SMA N 1 Karanganyar dalam mengembangkan kompetensi guru seperti telah terlaksananya praktik baik pembelajaran dengan melibatkan guru sebagai narasumber yang dilaksanakan dalam kegiatan kombel.

Pentingnya kombel sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Komunitas belajar adalah salah satu kunci untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kolaboratif dan inovatif. Dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa,

Pemateri kedua disampaikan oleh Pengawas SMA, Bapak Sabar Riyanto, S.Pd, M.T yang menyampaikan tentang kurikulum satuan Pendidikan (KSP). Pada sesi kedua ini disampaikan review Rapor Pendidikan Tahun 2024. Capaian Rapor Pendidikan seluruh indikator telah mencapai baik. Namun, masih terdapat penuruan pada beberapa indikator seperti kemampuan literasi, numerasi. Hal tersebut akan menjadi catatan sekolah untuk meningkatkan dan menentukan program sekolah yang sesuai agar capaian Rapor Pendidikan dapat lebih baik.

Dalam Menyusun KSP satuan Pendidikan harus memperhatikan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar Dan Jenjang Pendidik Menengah. Satuan pendidikan mengembangkan kurikulum satuan Pendidikan paling sedikitnya memuat karakteristik satuan pendidikan, visi, misi dan tujuan satuan pendidikan, pengorganisasian pembelajaran, perencanaan pembelajaran. Ditekankan pula tentang ekstrakulikuler yang dilaksanakan sekolah diikuti secara sukarela, sehingga menghilangkan istilah ekstrakulikuler wajib menjadi sukarela. Adapun beberapa hal lain yang disampaikan oleh narasumber yaitu satuan pendidikan untuk meriview kembali karakteristik sekolah dan memperhatikan Rapor Pendidikan, sekolah juga perlu membuat perencanaan berbasis data untuk dapat mengorganisasikan program pembelajaran secara efektif, meriview kembali visi misi dan tujuan sekolah serta melakukan analisis kebutuhan untuk mencapai tujuan dengan analisis SWOT serta satuan pendidikan menyusun pengorganisasian pembelajaran meliputi Intrakulikuler, Kokurikuler, Projek Profil Pelajar Pancasila Dan Ekstrakulikuler.

(Tim Kurikulum) 


Copyright © 2020 - 2025 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR